Kamis, 19 Mei 2011

MENGANALISA LAPORAN KEUANGAN LUAR NEGERI



·         KEBUTUHAN INFORMASI KEUANGAN
Ketersediaan & komunikasi informasi keuangan  penting untuk efisiensi pasar global. Informasi yang diperoleh berkaitan dengan tipe atau  jenis informasi yg disediakan, jangkauan geografis, bahasa publikasi, frekuensi publikasi (update), jumlah entitas pelaporan yang di data, format data ( hard copy, soft copy : michrofiche, magnetic tape dsb). Para pihak yg bertransaksi memerlukan informasi keu untuk transaksi bisnis ( seperti : jual beli barang & jasa, investasi langsung atau tidak langsung ). Jangkauan geografis Pihak yang berhubungan bisnis sering terpisah antar negara berbeda.
·         ALASAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN INTERNASIONAL
Perdagangan & investasi global yang meningkat signifikan mengharuskan user ( investor) melakukan analisa terhadap laporan keuangan secara internasional, Alasannya adalah sbb :
a.       Tersedia return tinggi jika investasi dinegara lain.  Investor berinvestasi pada perusahaan luar negeri karena tertarik return yang tinggi, misalnya dinegara berkembang seperti di Asia atau Amerika Latin, terutama investasi surat berharga korporat & pemerintah 
b.      Diversifikasi resiko.  Investasi saham diberbagai negara pada leb dr 1 jenis usaha, jika terjadi fluktuasi return, maka risiko portofolio yang dihadapi lebih kecil 
c.       Peningkatan investasi pada mata uang asing.  Ketika nilai mata uang suatu negara menguat terhadap mata uang Negara lain, maka nilai investasi pada mata uang tersebut juga meningkat.
d.      Positioning pada pasar tertentu karena alasan kompetitif.  Selain sebagai sumber bahan baku & tenaga kerja murah, populasi Negara berkembang yang cukup tinggi menjadi target konsumen bagi produk-produk asal perusahaa negara maju 
e.       Tidak ada batasan kepemilikan modal di suatu perusahaa.  Pada era global, banyak negara mulai mengurangi pembatasan kepemilikan modal, sehingga perusahaan asing bisa memiliki sampai dengan 100% saham dan mengawasi operasi perusahaan & menetapkan kebijakan 
f.        Analisis industri dan pesaing. 
g.       Keputusan-keputusan dalam transaksi bisnis. Misalnya : sebelum beri kredit, kreditur harus tahu informasi keuangan debitur untuk memastikan pengembalian dana kelak. Laporan keuangan juga berperan dalam negosiasi harga penjual dan pembeli.

·         KENDALA KETERSEDIAAN INFO KEU 
Faktor-faktor yg mempengaruhi / mempersulit ketersediaan informasi keuangan dalam menganalisa LK :
1.      Realibilitas data. Banyak Negara berkembang tidak memiliki sistem yang mampu mengakumulasi data secara akurat & dapat dipercaya.
2.      Kadar Pengungkapan ( kecukupan dlm pengungkapan ). Beberapa negara membatasi pengungkapan hanya untuk kewajiban hukum. Sementara komponen Laporan  keuangan yang diwajibkan pada sebagian besar negara mungkin tidak dipublikasikan di negara lain
3.      Timeliness of information.  Rentang waktu yg terlalu lama (panjang) dari tanggal laporan keuangan sampai penerbitan laporan keuangan berakibat informasi keuangan tidak akurat dan relevan 
4.      Bahasa dan terminologi.  Perusahaan dinegara yang  berbahasa non Inggris menggunakan bahas lokal (nasional) mereka untuk publikasi laporan (Perancis, Meksiko, Austria, Spanyol, Italia dsb) Walau perbedaan bahasa dapat diseragamkan (inggris), tetapi jika terminologinya berbeda tetap saja menimbulkan penafsiran berbeda (mis : istilah “stock’ di Inggris = persediaan, di AS = saham )
5.      Perbedaan mata uang (valuta) . Jika pemakai laporan tidak memahami perbedaan mata uang dalam laporan keu, maka tidak dapat menganilisis laporan keuangan dengan baik 
6.      Perbedaan format Laporan Keuangan.  Perbedaan dalam penyajian, klasifikasi, rekening, periode akuntansi seringkali menyebabkan kesulitan analisis 
·         TREND PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN ( LK ) 
Pengungkapan atas LK menjadi trend saat ini Pasar modal global mendorong perusahaan yang ingin memperoleh dana dari sumber Luar Negeri mendisclose informasi yg dibutuhkan investor, kreditur, pengawas pasar modal dan users lain.  Pemain dalam perdagangan internasional harus mengungkapkan LK nya secara sukarela guna membantu kepentingan mereka sendiri dalam upaya mendapat tujuan investasi & perdagangan 
Penyajian (pengungkapan) LK dipengaruhi oleh :
1.      Perbedaan standar & praktek akuntansi 
2.      Perbedaan praktek bisnis 
3.      Perbedaan lingkungan operasi bisnis (budaya & ekonomi)

·         CARA ANALISA LAPORAN KEUNGAN 
Laporan Keuangan dapat dianalisa dengan 2 cara :
1.      ANALISA RASIO KEUANGAN
2.      ANALISA TREND
Analisa dapat dilakukan jika terdapat Laporan Keuangan pembanding. Keterbatasan 
Sulit dilakukan pembandingan rasio keuangan internasional karena: 
a.       Perbedaan rerangka akuntansi di tiap negara, 
b.      Perbedaan praktek bisnis, lingkungan operasi dan orientasi LK . 
c.       Pengaruh pajak. Praktek umumnya menyajikan LK yang meminimalkan laba untuk mengurangi pajak. 
d.      Keakuratan data.  Negara berkembang tidak mampu mengumpulkan data yg realible sehingga rasio keuangan yang dihasilkan juga tidak akurat. 
e.       Keterbatasan umum lainnya : berdasar historical cost ; pos tertentu berdasar estimasi & pemilihan alternatif berbeda ; sejumlah informasi penting tidak tercover dalam LK (misalnya, hubungan tenaga kerja, pengembangan & investasi tehnologi baru )

1. Analisa Rasio Keuangan 
Perangkat untuk mengevaluasi kinerja keuangan,analisis kredit, dan analisis sekuritas. Membantu pengambilan keputusan dalam menilai faktor seperti risiko kredit dan potensi earning. Dalam aplikasinya harus memahami rerangka akuntansi, praktek bisnisn & lingkungan operasi supaya analisa tidak keliru. 
2. Analisa Trend 
Menyajikan informasi tentang perubahan yang terjadi pada item (pos) tertentu dan tingkat perubahannya.n Digunakan untuk mengevaluasi tingkat pertumbuhan perusahaan dalam waktu tertentu.
Keterbatasan :
a.       Tahun dasar yang digunakan untuk item-item tertentu dapat mendistorsi trend jangka panjang. 
b.      Tahun dasar tidak boleh bernilai negatif.

·         PENGGUNAAN WEBSITE UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI PENELITIAN PERUSAHAAN

Peran Internet Dalam Mengkomunikasikan Informasi Keuangan
Beberapa karakteristik Internet sangat relevan untuk pelaporan keuangan. Sebagai media komunikasi, Internet mempengaruhi aspek komunikatif dari pelaporan keuangan, seperti: akses, distribusi, interaksi, dan penyajian serta presentasi (Xiao et.al.: 2002).
a.   Akses dan Distribusi semakin mudah dan global
b.   Fitur World Wide Web seperti hypertext, hyperlinks memyediakan potensi untuk merubah cara penyajian laporan keuangan, informasi keuangan akan dapat dihubungkan langsung dengan informasi non keuangan (Xiao et.al.: 2002).
c.    Komunikasi informasi keuangan kepada stakeholder dapat dilakukan secara interaktif.

Dampak Internet Terhadap Pelaporan Keuangan
Menurut Xiao et.al. (2002), Internet akan membawa perubahan besar dalam pelaporan keuangan dalam: metode distribusi informasi, pendekatan untuk akses informasi, frekuensi pelaporan, bahasa yang digunakan, maupun permasalahan politis dan sosiologis (Xiao et.al. : 2002).
a.   Meningkatkan Penyajian Informasi Kualitatif dan Non Keuangan. Sesuai dengan penelitian Amir dan Lev (1996), dalam industri yang intensif teknologi, investor akan menilai lebih informasi non keuangan dan berusaha untuk melakukan penyesuaian kembali atas laba yang dilaporkan (Amir & Lev: 1996).
b.   Meningkatkan Disclosure. Peningkatan ekspektansi pengguna informasi keuangan dan permintaan akan informasi spesifik individual akan mendorong perusahaan untuk meningkatkan informasi yang disediakan.
c.    Keberadaan Laporan Keuangan Tertulis (Tradisional). Berkaitan dengan keberadaan laporan keuangan tradisional, para ahli berpandangan bahwa laporan keuangan tradisional akan masih tetap ada dan digunakan untuk memverifikasi akurasi dari informasi keuangan yang ada di Internet (Xiao et.al. 2002).
d.   Dampak Terhadap Pengguna Informasi Keuangan.  Pengguna informasi keuangan di tempat yang jauh dan terpencil akan sangat terbantu dengan adanya penyajian informasi keuangan lewat Internet (Xiao et.al. : 2002).
e.   Dampak Terhadap Peraturan dan Standar Akuntansi. Internet akan meningkatkan kebutuhan akan standar dan peraturan global. Internet akan semakin mendorong ke arah harmonisasi standar atau penggunaan standar Internasional.
f.     Dampak Terhadap Audit. Internet akan mendorong timbulnya real-time pelaporan keuangan, sehingga akan dibutuhkan sistem audit berkelanjutan yang dilakukan oleh auditor (Rezaee et.al: 2001, Richardson & Scholz: 1999).

Penggunaan Internet Untuk 'Hubungan Investor' (Investor Relations)
Menurut Deller et.al. (1999), hubungan investor (investor relations) dapat didefinisikan sebagai strategi perusahaan dalam berkomunikasi dengan investor yang ada dan investor potensial (Deller et.al. : 1999).  Tujuan utama dari aktivitas hubungan investor adalah untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh investor dalam membuat keputusan alokasi modal. Lebih jauh lagi, aktivitas hubungan investor dapat dipandang sebagai alat untuk mengurangi atau menurunkan under atau overprice atas saham-saham perusahaan (Deller et.al.: 1999).  
Aktivitas hubungan investor juga dapat dipandang sebagai kemungkinan untuk menurunkan kemungkinan pengambilanalihan yang tidak diinginkan dengan memberikan informasi yang memiliki relevansi nilai bagi partisipan di pasar (Liener : 1993 dikutip dari Deller et.al.: 1999).
Bentuk alat hubungan investor yang paling umum digunakan secara tradisional adalah laporan keuangan perusahaan, laporan interim, laporan tahunan, press release, hasil analisa, dan diskusi (Gunther & Otterbein: 1996 dikutip dari Deller et.al.: 1999) yang dikirimkan atau diberikan melalui media pos.
Internet merupakan suatu alternatif media yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas hubungan investor dengan lebih efisien. Internet dalam hal ini menggabungkan antara kualitas informasi yang dapat diberikan kepada investor dengan biaya yang lebih ekonomis dalam memberikan informasi tersebut. Disamping itu, Internet membawa bentuk baru alat hubungan investor yaitu diskusi interaktif melalui 'chat' dengan perwakilan dari perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar